Makanan sehat dan bergizin pada anak SMP

        Pada saat ini, kebutuhan nutrisi pada manusia sangat dibutuhkan, apalagi pada para remaja yang sedang menginjak proses tumbuh dan berkembangnya. Kebutuhan nutrisi in harus dicukupi pada proses tumbuh dan berkembang sang remaja. Karena jika nutrisi pada remaja telah dicukupi maka pertumbuhan sang remaja tidak akan terhambat. Namun sebaliknya, jika nutrisi kurang maka pertumbuhan sang remaja dapat terhambat. Selain memperhambat pertumbuhan remaja, kurangnya nutrisi dapat memicu datangnya beberapa penyakit yang dapat merugikan para remaja. Tetapi masih banyak para remaja yang masih memilih-milih makanan tanpa memikirkan apakah makanan tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya.




(1)




(2)

  Pada gambar diatas ditunjjukan 2 gambar yang menunjukkan beberapa makan. Dari kedua gambar diatas, yang manakah yang dapat mencukupi nutrisi pada masa pertumbuhan sang remaja?. Sudah pasti pada gambar no 2, pada gambar tersebut menunjukkan makanan yang sehat dan bergizi. Dan makanan tersebut bisa dikatakan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada remaja karena terdapat, nasi dan beberapa lauk pauk yang sehat. Sedangkan pada gambar 1 menunjukkan makan yang kurang sehat dan bergizi dan dapat memicu penyakit. Dari pada itu sangat dibutuhkan kesadaran para remaja untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi agar dapat menunjang pertumbuhannya.


  Sebagai remaja yang ingin hidup sehat kita harus mengetahui, penyakit apa saja yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi. Salah satu penyakit yang dapat muncul ketika sang remaja tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya yaitu Anemia. Anemia biasanya terjadi karena kurangnya zat besi. Anemia sangat tinggi dikalangan remaja perempuan, pada remaja yang mengalami anemia biasanya akan kesulitan berkonsentrasi. Selain penyakit anemia, penyakit yang dapat ditimbulkan karena kurangnya nutrisi yaitu KEK (Remaja Kurus atau Kurang Energi Kronis ), obesitas (kegemukan), dan masih banyak lagi. Dari sini kita harus menyadari bahwa kepentingan nutrisi dan makanan sehat sangat kita perlukan dalam masa pertumbuhan, sebagai generasi maju Indonesia marilah kita mencukupi nutrisi kita dan memakan makanan sehat agar kita terhindar dari berbagai penyakit.





www.yasanjosiantar.com

www.smpcintarakyat1.sch.id

www.secretkampus.com

Komentar

Postingan Populer